Rabu, 24 September 2014

Sejarah Perusahaan Kecap Lele

Perusahaan kecap masak cap “Ikan Lele” didirikan pada tahun 1954 oleh Guna Pranoto (Go Tjwan Hok), dan lokasi awalnya berada di Jln. Rogowongso No. 28 – sebelah timur pasar Rogowangsan Pati, Jawa Tengah.

Awalnya, sekitar tahun 1953, perusahaan ini hanya berupa sebuah toko kecil yang menjual bumbu masak dan kecap yang belum memiliki merek, dengan volume penjualan kecil.

Metode pemasaran kecap inipun hanya dengan dijual sendiri keliling kota dengan mengendarai sepeda oleh pemiliknya yaitu Guna Pranoto. Setahun kemudian toko kecil ini berkembang pesat, sehingga kemudian kecap yang diproduksi diberi merek “Ikan Lele”.

Nama awalnya adalah Perusahaan Kecap cap “Ikan Lele Ny. Go Tjwan Hok” dan telah memiliki ijin dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 1988 yaitu Nomor SP 18/11.24/88

Ijin dari Departemen Kesehatan ini sangat penting karena produksi kecap erat kaitannya dengan kebutuhan makanan sehingga harus memenuhi syarat kesehatan sebagai makanan yang di konsumsi oleh manusia.

Karena keuletan dan ketekunan pemiliknya, maka beberapa tahun kemudian Perusahaan kecap “Ikan Lele” makin berkembang. Pada tahun 1977 pendiri Kecap Lele Guna Pranoto meninggal dunia dan sebelumnya telah mewariskan Perusahaan kecap “Ikan Lele” kepada isterinya, Ny. Tri Mulyani (Ny.Go Tjwan Hok).

Dengan perkembangan konsumen yang begitu pesat, dibutuhkan pabrik yang lebih luas dan longgar agar perusahaan dapat mengikuti kebutuhan konsumennya maka lokasi Perusahaan kecap “Ikan Lele” dipindahkan ke lokasi baru  Jl. Raya Pati-Juwana Km. 3, Jawa Tengah. Ini disebabkan lokasi awal tempat produksi kecap sulit diperluas karena terletak di tengah kota.
Setelah 23 tahun menjalankan usaha kecap ini, Ny. Tri Mulyani menyerahkan Perusahaan kecap “Ikan Lele” kepada anaknya Gunawan Pranoto, untuk dikelola lebih lanjut sampai saat ini.

Demikian sekelumit sejarah berdirinya perusahaan Kecap Lele di Pati.

4 komentar:

  1. Kami petani jahe dan sereh di lereng gunung muria siap untuk kerja sama mensuplay kebutuhan perusahaan kecap anda secara kontinue, bisa sms 085229710390

    BalasHapus
  2. Kami petani jahe dan sereh di lereng gunung muria siap untuk kerja sama mensuplay kebutuhan perusahaan kecap anda secara kontinue, bisa sms 085229710390

    BalasHapus
  3. Kalo kami siap suply gula merah cair, kebetulan kami juga supply Indofood.

    BalasHapus
  4. Apakah semua komposisi yg tertera di produk sudah sesuai? Karena di sana tidak tercantum mah,benzoat dan sintetis lainnya.

    BalasHapus