Rabu, 24 September 2014

Berkenalan dengan Berbagai Jenis Kecap

Kecap merupakan hasil pengolahan makanan secara fermentasi yang mempunyai aroma dan cita rasa yang khas, berbentuk cairan, berwarna coklat muda sampai kehitaman (Presscot dan Dunn’s, 1981).
Hartoyo (2004) menggolongkan jenis-jenis kecap berdasarkan bahan dasarnya, yaitu sebagai berikut :  
·         Kecap Kedelai
Bahan dasarnya dari biji kedelai yang difermentasikan menggunakan jasa kapang (Aspergillus sp. dan Rhizopus sp.) sehingga menjadi semacam ‘tempe’. Selanjutnya ‘tempe’ direndam dalam larutan garam. Fermentasi tersebut menggunakan kadar garam yang cukup tinggi, yaitu antara 15-20% sehingga merombak keseluruhan kedelai menjadi kecap.

·         Kecap Ampas Tahu
Prinsipnya tidak jauh berbeda dengan kecap kedelai. Hanya saja pada tahap awal, di mana ampas diolah terlebih dahulu menjadi tempe gembus. Tahap selanjutnya sama dengan pembuatan kecap kedelai.
·         Kecap Keong Sawah
Keong sawah mengandung protein cukup tinggi (2-6%). Proses pembuatannya lebih cepat dibandingkan pembuatan kecap kedelai. Hal ini kerena adanya proses enzimatis (bromelin) yang hanya membutuhkan waktu 7-10 hari.
·         Kecap Ikan
Adalah kecap yang diolah dengan proses peragian yang lambat. Warna bening kekuningan sampai coklat muda dan rasanya relatif asin. Pengolahannya dengan menyusun ikan dalam bak dengan lapisan garam dalam keadaan tertutup. Dalam penyimpanan selama 3 bulan tersebut berlangsung proses peragian. Selama itu pula terjadi penambahan cairan. Cairan tersebut kemudian disaring dan didapatkan filtrat kecap ikan.
·         Kecap Air Kelapa
Bahan dasarnya dari air kelapa. Proses pembuatannya lebih sederhana karena tidak memerlukan proses fermentasi, hanya melalui tahap perebusan dan penambahan bumbu-bumbu. Penambahan gula, garam, dan rempah-rempah digunakan terutama untuk pembuatan kecap manis, dimana bumbu-bumbu yang ditambahkan dapat memantapkan flavor produk akhir. Kombinasi bumbu yang ditambahkan tergantung selera, kebiasaan, dan tujuan pembuatan kecap. (Sumber: http://lordbroken.wordpress.com/2010/08/20/kecap/)
Sekarang silahkan dipilih jenis kecap yang mana yang menjadi klangenan (kesukaan) keluarga sehingga harus selalu tersedia di meja makan kita.

Kalau di tempat kami - Kecap Lele selalu harus tersedia, selain sebagai bumbu penyedap di dapur juga sebagai teman lauk di meja makan.

1 komentar:

  1. Apakah kecap lele menggunakan bagian dari ikan lele?
    Atau hanya nama?

    BalasHapus